Monday, August 13, 2012

0 Cara Membuat Software Menjadi Portable

Software Portable sering ditemui bagi saudara-saudara yang sering men-download aplikasi maupun game. Ya, sesuai dengan definisi Software Portable itu sendiri. Software Portable atau Aplikasi Portable adalah software installer yang bisa digunakan tanpa perlu di install terlebih dahulu, software tersebut dapat digunakan langsung dengan terlebih dahulu mengedit registerinya. Software portable bertujuan agar software tersebut bisa disimpan dan dijalankan melalui media penyimpanan eksternal seperti flashdisk sehingga kita bisa menggunakan software tersebut dimana saja dan kapan saja.

Cara membuat aplikasi portable sangat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja serta kapan saja. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempraktekkan cara membuat software portable pada software Winamp. Silahkan disimak dengan seksama cara membuat aplikasi Winamp portable di bawah ini :

Persiapkan file-file yang dibutuhkan untuk membuat software / aplikasi portable berikut :

1. Program SysTracer, fungsinya untuk membandingkan dan melihat perubahan sebelum dan sesuadah program diinstall. Silahkan download http://www.brothersoft.com/systracer-56546.html

2. Quick Batch File Compiler versi terbaru, berfungsi untuk mengcompile file bat menjadi file exe. Silahkan download http://www.softpedia.com/get/Programming/Coding-languages-Compilers/Quick-Batch-File-Compiler.shtml

3. Winrar, fungsinya untuk menyatukan file. Download di http://download.cnet.com/WinRAR-32-bit/3000-2250_4-10007677.html

4. Software yang akan dijadikan portable, contoh Winamp.

Tahap-Tahap Membuat Software Winamp Portable :

1. Systracker Software ini digunakan untuk melihat lokasi software yang akan dibuat portable di registry, Jalankan softwere ini untuk melihat registry sebelum peng-installan, klik “Take Snaphot” dan klik Star, tunggu hingga selesai.

2. Setelah selesai, klik OK dan kemudian lakukan penginstallan software yang akan dijadikan portable (penginstalan harus lengkap dan full version).

3. Setelah Winamp ter-install, Exit dari program Winamp, dan klik pada Systracker “Take Snapshot” untuk melihat perubahan registry setelah peng-instalaan software.

4. Setelah itu Klik “Compare” untuk membandingkan, pada tab Registry coba anda perhatikan HKEY_CURRENT_USER dan HKEY_LOCAL_MACHINE saja, dan lihat yang berwarna biru, itulah perubahan yang terjadi.

5. Setelah mengetahui lokasi file Winamp di Registry, silahkan menuju ke Regedit caranya yaitu pada menu Start => Run, ketik Regedit dan tekan Enter.

6. Cari file winamp di HKEY_CURRENT_USER\Software\Winamp., Klik kanan pilih Export dan beri nama reg1.reg. Kebetulan disini filenya Cuma berada di HKEY_CURRENT_USER jadi saya hanya mengexport satu file saja, tapi apabila saudara menemukan file install saudara juga berada di HKEY_LOCAL_MACHINE silahkan export dan beri nama reg2.reg

7. Agar bisa dibaca oleh windows kita buat unregnya dulu menggunakan notepad. Caranya buka notepad dan ketik

Windows Registry Editor Version 5.00
[-HKEY_CURRENT_USER\Software\Winamp]

Dan beri nama unreg.reg. Agar bisa di gunakan oleh versi windows yang lama maka Windows Registry Editor Version 5.00 diganti menjadi REGEDIT4. Kemudian copy file reg1.reg dan unreg.reg ke direktori C:\program files\Winamp seperti itu.

8. Selanjutnya kita akan buat file batnya dengan cara : buka notepad kemudian ketik

Regedit /s reg1.reg
Winamp.exe
Regedit /s unreg.reg

Kemudian save dan beri nama setup.bat. Lihat hasilnya

9. Sampai pada tahap ini, software portablenya sudah jadi, tapi untuk membuatnya lebih simple lagi, kita harus merubah file bat nya ke file exe agar lebih praktis. Caranya yaitu buka aplikasi Quick Batch Compiler kemudian buka file setup.bat lalu pilih "Option" dan pilih "Ghost Application Klik Built" dan save dengan nama setup.

10. Agar kapasitasnya menjadi lebih kecil, saudara bisa membuang file uninstall.exe. Selanjutnya pilih semua file dengan menekan Ctrl+A, klik kanan dan pilih Add to Archive (sebelumnya saudara harus sudah menginstall WinRar).

11. Beri tanda centang pada “Create SFX archive”

12. Pada Tab Advanced, pilih SFX Option dan Ketik setup.exe pada table Run after extraction

13. Pada tab modes : check Unpack to temporary folder, hide all,dan skip existing files dan klik OK.

Winamp pun sudah menjadi Software Portable / Aplikasi Portable buatan saudara masing-masing.Selamat Mencoba.

Description: Cara Membuat Software Menjadi Portable Rating: 5 Reviewer: Sandi Tias - ItemReviewed: Cara Membuat Software Menjadi Portable

Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...