Saturday, July 7, 2012

0 Cara Mempercepat Kinerja Pada Windows Seven

Setelah beberap hari lalu saya posting tentang Cara Mempercepat Komputer Windows Xp,Sekarang Saya ingin berbagi lagi Cara Mempercepat Windows 7.Mengatasi komputer Lambat / laptop lambat yang menggunakan Windows 7 atau xp, bisa menjadi pekerjaan yang sangat mudah, komputer lambat atau lebih Familyer dengan istilah LOLA ( loading lama ) memang sangat menjengkelkan. Namun bisa juga menjadi pekerjaan yang susah, tergantung pada kemampuan yang kita miliki. Ini adalah fakta bahwa ketika Anda menggunakan Windows pada khususnya, seiring bertambahnya waktu maka kinerja komputer / laptop akan menjadi lambat. Itu sudah sering terjadi dan program sering tidak merespon, bluescreen atau bahkan crash.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Sistem Operasi Windows berjalan lambat. Sebagian besar kasus ini disebabkan oleh file sampah yang berlebihan, rusak atau hilangnya file sistem dan registry yang terganggu. Masalah yang kemudian tidak hanya dapat menyebabkan kinerja komputer / laptop menjadi rendah, tetapi juga menyebabkan komputer / laptop tersebut hang.
Penyebab komputer Lambat

Sistem Operasi Windows pada khususnya memiliki catatan sejarah mekanisme yang secara otomatis akan mencatat semua tugas dan proses. Artinya, Anda akan meninggalkan bukti dan file sampah di komputer / laptop ketika Anda menggunakannya. Ketika file sampah menumpuk, mereka akan mengambil sejumlah besar ruang disk anda dan memperlambat kinerja komputer / laptop. Jadi, Anda harus membersihkan file sampah tersebut agar membebaskan ruang disk dari tumpukan file sampah itu.

File sistem juga sangat penting, karena beberapa file sistem seperti *.dll, *.exe sangat vital bagi kecepatan dan stabilitas sistem. File tersebut, terutama disimpan di C:\WINDOWS\system32 dan C:\WINDOWS\system. Jika salah satu dari mereka rusak atau bahkan hilang, konsekuensinya bisa sangat serius. Komputer Anda akan melambat, svchost.exe error, dan sebagainya, sehingga sering bluescreen dan bahkan crash.

Salah satu bagian yang juga tidak kalah penting dari Windows adalah Registry. Registry adalah database yang berisi informasi-informasi dan setting untuk hardware / perangkat keras, software / perangkat lunak sistem operasi, dan sebagainya. Semua perangkat keras dan perangkat lunak pada Windows memerlukan data dalam registry untuk bekerja dengan baik. Jika salah satu kunci registry hilang atau rusak, maka beberapa informasi yang telah tersimpan akan hilang, perangkat keras atau perangkat lunak tidak merespon, tidak bekerja dengan baik, atau bahkan menyebabkan Windows mengalami kesalahan.
Cara Mempercepat Windows

Untuk mempercepat kinerja Sistem Operasi Windows dan menyingkirkan masalah-masalah yang bisa mengakibatkan kinerja komputer / Laptop Menjadi lambat, membersihkan bukti-bukti atau file sampah, dan juga perbaikan file sistem dan registry secara teratur. Anda dapat menggunakan beberapa software misalnya TuneUp Utilities untuk membantu dalam mengatasi beberapa hal yang dapat mengakibatkan kinerja komputer / laptop menjadi lambat. Berikut ini beberapa contoh penyebab kinerja komputer / laptop menjadi lambat dan juga cara mengatasinya, antara lain:
Kekurangan RAM

Karena fungsi RAM (Random Access Memory) sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara selama proses komputer / laptop berjalan, maka idealnya kapasitas RAM berkisar 1GB. Masalah kinerja komputer / laptop lambat karena minimnya lapasitas RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer / laptop.
Banyaknya program yang terinstall

Sering dijumpai pada komputer / laptop terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program di dalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Itu sama saja dengan membuang space HDD secara sia-sia.
Alangkah baiknya jika komputer / laptop yang Anda gunakan hanya ter-install beberapa program yang Anda butuhkan, dan jangan lupa untuk uninstall program yang tidak pernah terpakai sama sekali.
Terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan

Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan juga service yang akan dijalankan ketika windows startup.
Startup yang terlalu banyak akan mengurangi kecepatan komputer / laptop Anda, karena ketika komputer / laptop Anda dihidupkan maka startup tersebut akan dijalankan terlebih dahulu sebelum komputer / laptop siap untuk digunakan. Akibatnya waktu yang dibutuhkan untuk proses komputer / laptop menjadi siap digunakan akan semakin lama.
Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Sistem Operasi Windows, lokasi file tersebut ada di folder C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp dan C:\WINDOWS\Temp. Cara untuk membersihkannya, cukup dengan menghapus file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik Start Menu ► Run, ketik cleanmgr lalu pilih drive yang akan di-cleanup.
Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"

Antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer yang berfungsi sebagai security, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan dengan menginstall lebih dari satu program antivirus sekaligus atau bahkan lebih. Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.
Masalah pada harddisk

HDD atau Harddisk (penyimpan data secara permanen) merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan kinerja komputer / laptop menjadi lambat. Masalah kinerja komputer / laptop menjadi lambat yang disebabkan oleh harddisk diantaranya:
  • harddisk low space atau kapasitas yang tinggal sedikit 
  • harddisk yang terfragmentasi
  • harddisk yang sudah berumur / lama, sehingga rpm-nya menurun
  • harddisk error / bad sector
Cara mengatasi kinerja komputer / laptop yang lambat karena masalah pada harddisk diatas adalah:
  • upgrade kapasitas harddisk dengan menambah atau ganti harddisk 
  • lakukan defragmenter pada harddisk secara berkala
  • hindarkan harddisk dari debu, goncangan dan panas berlebih
  • perbaiki kerusakan pada harddisk dengan tool checkdisk dll
Adanya virus, malware atau spyware pada komputer
Apabila komputer / laptop sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.
System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang

Hal ini biasanya terjadi setelah komputer / laptop terinfeksi virus dan file yang terinfeksi tersebut sudah terlanjur rusak atau terhapus oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.
Hardware overheat

Hardware overheat baik itu terjadi pada harddisk, vga card, atau processor secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer / laptop yang pada akhirnya komputer / laptop menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.
Masalah konektifitas pada jaringan / network

Hal ini bisa terjadi karena aktifitas / traffic jaringan yang terlalu tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer / laptop. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita

Mungkin itulah beberapa hal penyebab dan cara mengatasi kinerja komputer lambat yang bisa disimpulkan berdasarkan pengalaman yang sering ditemui.
Semoga bermanfaat

Description: Cara Mempercepat Kinerja Pada Windows Seven Rating: 5 Reviewer: Sandi Tias - ItemReviewed: Cara Mempercepat Kinerja Pada Windows Seven

Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...